Sabtu, 17 Februari 2018

5 Tips Naik Pesawat Bersama Anak





Assalamu'alaikum sobat Traveller....

Masih semangat kan...selalu..

Kali ini kita akan membahas tentang perjalanan menggunakan moda transportasi udara, pesawat. Situasi mengharuskan tiba dalam waktu secepatnya, namun jarak yang ditempuh cukup jauh, maka pesawat merupakan alternatif pilihan yang tepat. Hal ini tentu bukan sesuatu yang spesial jika kita berpergian sendiri, namun bagaimana jika kita mengajak si kecil turut serta dalam penerbangan kita. Tentu menjadi tantangan tersendiri bukan. Nah kali ini saya akan berbagi tips agar penerbangan kita bersama si kecil tetap menjadi penerbangan yang aman, nyaman dan menyenangkan. hal ini penting agar penerbangan tidak menyisakan sebuah trauma bagi si kecil. Sebagai catatan, hal ini berdasarkan pengalaman kami waktu mengajak si kecil yang saat itu baru berumur 3 tahun.




berikut ini tipsnya :
1. Siapkan waktu yang cukup ketika tiba di bandara
Sebelum hari keberangkatan, kita harus mempertimbangkan dengan seksama waktu tempuh tiba di bandara. Berangkatlah ke bandara dalam takaran waktu yang pas sobat, tidak terlalu lama menunggu juga tidak terlalu pendek untuk take off. Hal ini penting banget sobat, Mengapa? Karena untuk pemanasan, si kecil perlu anda persiapkan dulu mental dan fisiknya. Saat sudah sampai di bandara, ajaklah anak untuk bermain di tempat bermain anak atau bermain mainannya sendiri yang sudah anda persiapkan. Tak mengapa jika ia bermain hingga lelah, karena jika ia lelah, ia akan mudah tertidur saat penerbangan. Jangan sampai mengacaukan moodnya hanya karena kita terburu-buru berangkat dan mepet jadwal keberangkatan pesawat. Si kecil bisa stres duluan deh...
2. SAAT TAKE OFF adalah saat menentukan
Penerbangan pertama bagi si kecil bisa menjadi segalanya. Kesan selanjutnya ditentukan pada saat take off. Jika dia kelihatan tegang, pegang tangannya dan tenangkan. Ajaklah berdoa bersama, hibur dia dengan cerita yang membuat ketegangannya berkurang. Apabila diperlukan, tatap matanya atau peluklah dia sehingga dia merasa aman berada di dekat sobat traveller. Take off dan landing hanya memerlukan waktu yang singkat, namun dampak psikisnya bisa jangka panjang, jadi keterlibatan kita, kehadiran kita sangat berarti. 
3. mengisi waktu saat MELAYANG DI UDARA
Anak rewel selama penerbangan bisa juga karena mereka bosan dalam pesawat, ada baiknya untuk mengeluarkan mainan kesukaan mereka, Atau bisa juga bercerita tentang pengalaman yang ia rasakan saat itu. Tanyakan bagaimana kesannya naik pesawat, tanyakan apakah dia takut dan sebagainya. Sebagai orang tua, mengertilah bahwa dalam pengalaman pertamanya, ia banyak merekam banyak hal dan perlu penjelasan akan hal yang ia lihat, dengar juga rasakan. Biasanya di pesawat, ada televisi di setiap belakang masing-masing seat yang memberikan hiburan berupa film kartun yang memang disediakan buat anak-anak, kita bisa memanfaatkan semua fasilitas itu selama dalam perjalanan.
4. perut harus terisi
Perjalanan jauh mengharuskan fisik yang terjaga, maka bila anak tidak makan otomatis kondisi badannya bisa drop. Lalu bagaimana jika si anak tak mau makan? Tenang, setiap anak biasanya memiliki camilan favoritnya. Berikan ia camilan tersebut. Kalau anak saya, jika memang kondisinya bagus, biasanya kita perbolehkan dia makan permen atau coklat favoritnya, agar moodnya juga terjaga selama dalam perjalanan, yang penting perut tidak boleh kosong.
5. HINDARI JETLAG
Jangankan anak-anak, Saya juga masih merasakan jetlag kadang-kadang. Bagaimana solusinya? Atur jam tidurnya selama sebelum berangkat juga selama di pesawat. Hal ini cara terbaik agar si anak tidak kurang tidur, dan tidak menangis karena tubuhnya tidak nyaman. Tapi kita tidak perlu kuatir karena kondisi jetlag pada anak tidak selama yang dialami oleh orang dewasa, hanya sesaat saja.
Bagaimana sobat traveller? sudah siap terbang bersama si kecil? Jangan khawatir, naik pesawat bersama anak juga bisa menyenangkan kok!
sekian dulu dari kami, have a nice flight :)
wassalamu 'alaikum 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Dark Knight

Malam nanti akan berbeda dengan malam-malam pergantian tahun sebelumnya, setidaknya bagiku, bagi kami Bukan ...