Jumat, 02 Februari 2018

8 Tips berkendara motor dengan aman di musim hujan







Assalamu 'alaikum riders....

Salam deru motor brumm...bruumm..

Musim hujan telah tiba, sobat motor sekalian harus mempersiapkan diri dan motor kesayangan kita agar selalu berkendara dengan aman dan nyaman, terlebih di musim hujan seperti ini.

Sebagai sesama rider, wajib hukumnya untuk saling support, saling sharing,  juga saling mengingatkan. Safety riding selalu menjadi prioritas kita bersama bukan? Hehe...



Langsung aja ya, ini tips dari saya :

1. Persiapkan fisik ente sob

Berkendara dengan motor jelas berbeda dengan mengendarai mobil apalagi transportasi umum. Motor pada umumnya tidak memiliki pelindung dari cuaca di luar sana. Hujan kehujanan, panas pun kepanasan hehew. Disini nih pentingnya fisik yang prima. Konsentrasi, fokus dan waspada akan kondisi sekitar penting bagi para riders. Semua itu akan terganggu jika kondisi kita tidak prima, entah mengantuk, melamun (banyak pikiran), meriang atau menahan perut ente yang mules hehe.


Jika sudah prima, lanjut ke berikutnya


2. Cek kondisi motor dan kelengkapannya

Setelah ridernya ok, sekarang tunggangannya. Item-item berikut ini penting untuk di periksa :
- Kondisi grip roda, apakah masih aman teksturnya ataukah sudah mulus? Jika sudah mulus, gundul dan banyak benjolan, jangan ambil resiko sob, ganti segera.

- Kampas rem dan minyaknya. Jika kampas masih tebel, aman. Jika sudah menipis, fungsi pengereman akan terganggu. Di musim hujan, jalanan berubah jadi licin dan sensi, rem harus sip, jika tidak bisa berbahaya bagi keselamatan kita dan pengguna jalan lainnya.

- Lampu motor. Cek lampu utama, lampu sign,dan lampu rem. Jika cuaca berkabut maupun hujan lebat, lampu akan berperan penting sebagai penanda keberadaan kita bagi pengendara yang lain.
 
- Jas hujan, sarung tangan, cover sepatu/tas, masker, helm dengan kaca yang jernih. Semuanya kelengkapan standar yang harus dimiliki di musim hujan ini
 
- Surat kelengkapan kendaraan. Yang ini mah sudah jelas ya, jika tidak lengkap mending motor sobat simpan dirumah aja daripada disimpan bapak polisi di kantornya hehehe.

3.  Berdoa sebelum berkendara

Sesuatu yang tidak kalah penting dan wajib ada, berdo'a. Semoga diberikan keselamatan, kemudahan dan kelancaran selama di perjalanan nantinya. Ingat, yang namanya maut dapat menjemput kita kapan saja dan dimana saja, jadi kita harus selalu ingat pada-Nya sob, akur? Oke next...


4. Jaga batas kecepatan selama berkendara

Beberapa rider ketika kehujanan seringkali malah menambah kecepatan mereka agar segera sampai di tempat tujuan. Ini keputusan yang salah. Jika memang tidak tersedia jas hujan, alangkah bijaknya jika menepi dan berteduh sejenak hingga hujan cukup reda. Mengebut tatkala hujan sangat berbahaya, membahayakan diri sendiri juga orang lain. Bersabar dan kendalikan diri kita sob. Hujan pasti berlalu.


5. Jaga jarak aman berkendara

Ketika hujan, jalanan menjadi basah dan licin. Jaga jarak dengan kendaraan di depan dan samping kanan kiri kita. Hal ini dikhawatirkan terjadi pengereman mendadak kendaraan di depan kita, motor kita bisa langsung slip jika kita tarik rem mendadak karena ban dan aspal berkurang gaya gesekannya akibat keduanya basah oleh air hujan.


6. Perhatikan genangan air dan lubang

Jika cuaca cerah, kita bisa dengan mudah menghindari lubang di jalanan. Kalaupun terpaksa juga bisa kita hajar aja lubangnya jika tidak dalam dan tidak membahayakan. Namun ketika musim hujan, lubang kebanyakan akan tergenang. Sulit bagi kita membedakan mana yang dalam ataupun cuman genangan air biasa. Sering saya melihat para rider jatuh karena melewati genangan yang ternyata lubang yang cukup dalam,ngeri melihatnya. Tetap waspada sob.


7. Jarak pandang berkendara

Ketika cuaca berkabut atau hujan turun cukup lebat, jarak pandang jadi pendek. Saat seperti ini kita dihadapkan pilihan, meneruskan perjalanan atau menepi sejenak. Kalau menurut saya, jika hujan  turun cukup lebat dan kendaraan depan sudah tak nampak, apalagi helm tidak terdapat wiper, maka menepi saja sobat. Tunggu beberapa saat hingga hujan mereda dan jarak pandang wajar tercapai.

Sekedar tambahan, helm memang tidak memiliki wiper, namun saya mengakalinya dengan mengoleskan sabun cuci pada helm agar kaca bisa seperti daun talas ketika terkena air, langsung meluncur kebawah.


8. Patuhi rambu-rambu lalu lintas

Ketika hujan turun, terkadang pengguna jalan suka seenaknya menerobos lampu merah, memasuki jalur busway, melawan arus, yang semua itu dengan dalil tidak ada petugas yang standby di tempat karena hujan. Kita rider yang berpendidikan dan berbudaya sob, malu rasanya jika mengikuti gaya mereka. Rambu-rambu itu berdiri guna menjaga keselamatan kita selama di jalan. Jadi ada tidaknya petugas, lebih bijaknya jika kita mematuhi rambu-rambu tersebut, terlebih saat hujan turun, rawan macet, dan kecelakaan.


Saya rasa itu tips singkat dari saya, sesama riders. Jika ada masukan atau sanggahan dari tips diatas, silahkan komen dibawah ya, saya tentu mengapresiasi setiap masukan sobat sekalian.

Demikian, sampai jumpa di tips traveling berikutnya

Wassalamu 'alaikum sobat


picture :
http://motorcycle-central.com/how-to-ride-your-motorcycle-in-the-rain/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Dark Knight

Malam nanti akan berbeda dengan malam-malam pergantian tahun sebelumnya, setidaknya bagiku, bagi kami Bukan ...