Senin, 26 Februari 2018

6 hal yang wajib dilakukan bagi pemilik Mobil Matic



Assalamu alaikum sobat traveller

Ketemu lagi dalam berbagi tips travelling...


Dalam setiap berpergian kemanapun, semua orang memiliki moda transportasi favoritnya masing-masing. Boleh via darat, laut maupun udara, bebas sesuai kenyamanan dan kebutuhan para traveller semua. Saya pribadi juga memiliki tunggangan favorit yang telah mengantar kami kemana-mana, sebuah city car LCGC, Toyota Agya matic warna merah. 

Matic? ya, matic. 

Kenapa tidak manual? kalau dibahas kenapanya, pasti akan mengundang perdebatan panjang yang tidak perlu antara pemilik kendaraan transmisi manual dan pemilik kendaraan matic. 
Yang jelas, semua pilihan tidak ada yang salah, hanya masalah selera saja. Bagi saya, mobil matic adalah salah satu jenis dari kendaraan yang akan memberikan rasa nyaman kepada pemiliknya, terutama dalam kondisi jalanan macet ataupun perjalanan jauh. Kaki sebelah kiri jadi bisa istirahat hehehe...

Untuk saat ini banyak yang menggunakan dan banyak yang memilih mobil matic, karena sistemnya sederhana dan pengoperasian yang tidak sulit di bandingkan mobil yang manual. Namun harus diketahui juga bahwa sobat selain bisa mendapatkan kenyamanan dan kemudahan dalam mengendarai kendaraan, sobat juga harus mengetahui perawatan apa saja yang harus anda lakukan untuk mempertahankan keamanan dan kenyamanan.

1. Service Mobil
Pada mobil matic, Service mobil adalah salah satu hal yang sangat penting. Karena kenyamanan dan keamanan bisa kita dapatkan dengan melakukannya service mobil tersebut. Jadi sobat harus patuh terhadap peraturan service berkala yang telah dijadwalkan oleh pabrikan. 

2. Mengganti Oli Mesin
Untuk mobil matic, selain service mobil maka penggantian oli mesin juga harus diperhatikan. Hal ini penting agar mesin tetap terlumasi dengan sempurna sehingga terhindar dari aus dan hal lain yang tidak diinginkan

3. Mengganti Oli transmisi
Pemilik kendaraan matic wajib mengganti oli transmisi secara berkala dan teratur. Kebutuhan penggantian oli transmisi ini berbeda untuk setiap mobil. Biasanya di buku petunjuk kepemilikan mobil dijelaskan kapan saat penggantian oli transmisi. Pada umumnya mobil matic pada saat speedometer sudah mencapai minimal 25.000 km dan maksimal 50.000 km maka sudah diwajibkan mengganti oli transmisi. Hal ini menjadi lebih urgent ketika mobil terkena banjir. Anda bisa memakai pelumas transmisi yang sudah dianjurkan oleh produsen mobil atau sesuai merek kepercayaan anda.

4. Pengecekan Valve
Mobil matic sering mengalami kerusakan pada gasket transmisi seperti kebocoran gasket transmisi atau kerusakan gasket transmisi. Oleh karena itu anda sebagai pemilik kendaraan harus mengecek secara dini. Kendaraan yang memiliki tipe manual maka sangat berbeda dengan kendaraan matic. Untuk mobil matic bisa mengalami velve rusak dan velve bocor, maka ini bisa terjadi saat pemindahan tuas yang keras dan sentakan gas.

5. Kinerja Transmisi
Kinerja transmisi bisa kita cek sendiri, kita bisa tempatkan persneling pada tuas transmisi di posisi D atau R, selanjutnya anda bisa melepas rem mobil. Jika mobil tidak memiliki masalah sistem transmisi maka mobil matic anda akan langsung bergerak maju atau mundur.

6. Memanaskan Mobil
Harus anda perhatikan juga apabila anda ingin bepergian menggunakan mobil maka anda harus melakukan pemanasan pada mobil anda sebelum berjalan jauh. Karena memanaskan mobil sebelum bepergian atau sebelum menggunakan adalah salah satu hal yang sepele, namun banyak orang yang memiliki mobil matic tetapi malah mengabaikan hal sepele.
Padahal harus anda ketahui jika anda terlalu sering lalai dalam memanaskan mobil maka akan berakibat fatal, tetapi jika sekali atau dua kali tidak akan berakibat fatal, anda akan merasakan gangguan pada mesin mobil matic anda. Maka dari itu jangan lupa memanaskan mobil matic anda dan perlu di ingat dalam memanaskan mobil matic maka keadaan tuas transmisi berada pada posisi N (Netral).

Demikian hal yang harus dilakukan jika sobat traveller memiliki kendaraan tipe matic.
Sampai ketemu dalam tips travelling lainnya

wassalamu alaikum...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Dark Knight

Malam nanti akan berbeda dengan malam-malam pergantian tahun sebelumnya, setidaknya bagiku, bagi kami Bukan ...